Unsur-Unsur Dalam Proses Komunikasi |
- Sender : Komunikator yang menyampaikan pesan kepada sesorang atau sejumlah orang.
- Encoding : Penyandian, yakni proses pengalihan pikiran ke dalam bentuk lambang.
- Message : Pesan yang merupakan seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator.
- Media : Saluran komunikasi tempat berlalunya pesan dari komunikator ke pada komunikan.
- Decoding : pengawasandian, yaitu proses dimana komunikasi menetapkan makna pada lambang yang disampaikan oleh komunikator kepadanya.
- Receiver : Komunikan yang menerima pesan dari komunikator
- Response : Tanggapan, seperangkat reaksi pada komunikan setelah diterpa pesan.
- Feedback : Umpan balik, yakni tanggapan komunikan apabila tersampaikan atau disampaikan kepada komunikator.
- Noise : Gangguan tak rencana yang terjadi dalam proses komunikasi sebagai akibat diterimanya pesan lain oleh komunikan yang berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator kepadanya.
Model komunikasi di atas menegaskan faktor-faktor kunci dalam komunikasi efektif.
Komunikator harus tahu khalayak mana yang dijadikannya sasaran dan tanggapan apa yang diinginkannya.
Ia harus terampil dalam menyandi pesan dengan memperhitungkan bagaimana komunikan sasaran bisa membaca pesan.
Agar komunikasi efektif, proses penyandian oleh komunikator harus bertautan dengan proses pengewasandian oleh komunikan.
Akan tetapi dalam teori komunikasi dikenal istilah empathy, yang berarti kemampuan memproyeksikan diri kepada peranan orang lain, jadi meskipun antara komunikator dan komunikan terdapat perbedaan dalam kedudukan, jenis pekerjaan , agama, suku, bangsa, tingkat pendidikan, ideologi dan lainnya.
Jika komunikator bersikap empatik, komunikasi tidak akan gagal.
Akan tetapi dalam teori komunikasi dikenal istilah empathy, yang berarti kemampuan memproyeksikan diri kepada peranan orang lain, jadi meskipun antara komunikator dan komunikan terdapat perbedaan dalam kedudukan, jenis pekerjaan , agama, suku, bangsa, tingkat pendidikan, ideologi dan lainnya.
Jika komunikator bersikap empatik, komunikasi tidak akan gagal.
0 Comments
Post a Comment